Kamis, 14 April 2011

Review Diskusi Public Relations

Posted by blueQuw On 17.02 No comments

PR, MEDIA INTERNAL DAN MEDIA EKSTERNAL


Public Relation (PR) identik dengan pencitraan sebuah perusahaan, yang salah satu fungsinya ialah sebagai penghubung suatu perusahaan yang menaunginya kepada masyarakat, media, dan lain-lainnya. Seorang Public Relation berperan untuk menjaga nama baik perusahaan akan tetapi seorang PR dilarang keras untuk memberikan suatu kebohongan ke public, karena gerak kerja dari seorang PR diawasi dengan kode etik PR itu sendiri.
Adapun saluran-saluran atau media yang menjadi bidang pekerjaan seorang Public Relation, yaitu :
1. Media Internal, yaitu bidang pekerjaan dimana seorang PR menjadi penghubung antara sesama karyawan, karyawan dengan pemimpin, dan yang lainnya di dalam perusahaan itu sendiri, terdapat berbagai jenis media internal, antara lain :
a. Organizational Public, merupakan majalah internal perusahaan yang ditujukan kepada karyawan mengenai suatu event, informasi, dan kejadian yang terjadi didalam perusahaan tersebut.
b. Pamflets, Manual Report ( biasanya terbit 3 bulan sekali mengenai kegiatan-kegiatan yang terjadi dalam perusahaan dalam jangka 3 bulan).
c. Press Release & Counter Release ( article atau surat bantahan atas kabar atau isu negatif yang ditujukan kepada perusahaan)
d. Insert (selipan dalam majalah)
e. Poster, Billboard
f. Printed Speechcs
g. Website Internal (tiap karyawam diwajibkan untuk memiliki E-mail)
h. Memorandum (biasanya digunakan untuk berita yang secepatnya harus disampaikan, dari direktur atau dari media)
i. Kliping Koran (merupakan potongan-potongan Koran yang didalamnya terdapat berita mengenai perusahaannya).
j. TV Internal (saluran TV khusus internal perusahaan).
Terdapat banyak media internal dan setiap perusahaan memiliki media internal yang beragam, dan juga berbeda dengan perusahaan lainnya. Selain Media Internal, ada juga Meeting Internal yaitu sebuah pertemuan untuk mencari pemecahan apabila terjadi masalah didalam perusahaan

2. Media Eksternal, menjadi media penghubung antara pihak perusahaan dengan public, media, dan yang lainnya. Terdapat berbagai media eksternal antara lain :
a. Press Conference ialah sebuah pertemuan antara PR(wakil dari perusahaan)dengan wartawan dan masyarakat umum untuk membahas suatu event.
b. Press Interview (mengundang wartawan untuk membahas suatu masalah yang terjadi agar tidak berkembang kesana kemari).
c. Open House ialah sebuah acara yang mengundang para visitor yang terdiri dari keluarga karyawan, media, orang dari luar, dan juga tamu pemerintahan(goverment Relation), acara ini bertujuan untuk menampilkan citra baik perusahaan dengan melakukan service terbaik kepada visitor..
Pada media eksternal, juga terdapat external outreach yang merupakan salah satu tugas dan juga menjadi tugas paling berat dari seorang PR, yang dituntut untuk dapat mengetahui semua berita perusahaan yang ada diluar, dengan jalan yaitu dapat jeli mendapat berita dan juga menjalin hubungan baik dengan media dan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar