Kamis, 14 April 2011

Karya Tulis Ilmiah Populer

Posted by blueQuw On 17.06 No comments

“ Pahami….. Kemudian Komunikasikan ! “

Komunikasi atau berkomunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan, pernahkah anda melakukannya ? jawabnya pastilah ya ! setiap orang pasti dapat berkomunikasi baik itu secara verbal maupun nonverbal. Hampir setiap saat orang-orang mengucapkan rangkaian kata, satu kata atau sekedar berisyarat lewat bahasa tubuhnya. Yang jadi pertanyaannya, untuk apa orang-orang tersebut berkomunikasi ? beberapa dari mereka bertujuan untuk menyampaikan keinginannya, mempengaruhi orang lain, menyampaikan keluh kesalnya dan untuk menyapa orang lain. Singkat kata berkomunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan dari sumber kepada pendengar melalui perantara media, yang nantinya pendengar atau khalayak tersebut akan memberikan respon balik kepada sumber pesan.
Fenomena yang terjadi sekarang, banyak dari kalangan Mahasiswa selalu ingin mengubah keadaan, berjuang yang katanya “demi peningkatan kualitas kehidupan bangsa” akan tetapi mereka tidak mengerti dengan jelas keadaan yang terjadi sekarang, mulai dari keadaan ekonomi, social, politik hingga keadaan pendidikan di Indonesia.. Selain itu mereka juga tidak memahami apa yang menjadi masalah dari keadaan yang ada, dan yang lebih parahnya lagi tidak ada perubahan yang dapat terjadi, tidak ada dari segelintir pemimpin ataupun pejabat yang mendengarkan aspirasi dari Mahasiswa tersebut. Dan hal tersebut merupakan contoh dimana proses komunikasi yang dilakukan tidak berjalan dengan sempurna yaitu tidak selaras dengan apa yang kita inginkan.
Contoh kasus diatas merupakan kejadian yang terjadi dalam lingkup masyarakat luas, bagaimana dengan keadaan sekitar, yang labih dekat dengan kita ?. Kita pernah merasakannya ketika berhadapan dengan orang tua, terkadang hanya untuk meminta uang jajan lebih tetapi tidak dikasih atau meminta izin tetapi tidak diperbolehkan. Kenapa hal tersebut bisa terjadi ? kenapa keinginan kita tidak dikabulkan ? merupakan pertanyaan – pertanyaan yang terlontar ketika mengalami nasib seperti itu. Ada tiga hal yang salah dalam proses komunikasi ini, yang pertama adalah cara penyampaian keinginan kita kepada orang tua, kalian harus memilih kata-kata dengan hati-hati agar kata-kata yang kita lontarkan tepat dan mengena dihati orang tua kita, kesalahan yang kedua adalah ketika kita tidak mampu memahami keadaan psikologis orang tua kita pada saat itu, dan yang ketiga dan sangat fatal apabila kita melontarkan kata-kata kasar setelah keinginan tersebut tidak dapat terpenuhi, kita harus mampu menghindari kata-kata kasar menurut David Keuck kata-kata kasar adalah kata-kata yang sering diucapkan dalam percakapan yang buruk, jangan sampai hal tersebut terjadi dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat dimana kita menciptakan suatu percakapan yang buruk dengan orang tua kita.
Pembahasan diatas merupakan kasus-kasus ketika apa yang kita pikirkan, apa yang kita inginkan dari suatu keadaan tidak dapat terwujud, karena tidak adanya respon dari orang-orang atau tidak terjadinya suatu perubahan, maka hal tersebut akan menjadi suatu masalah. Bagaimana cara mengatasinya ? dan bagaimana agar proses komunikasi dapat berjalan dengan baik ?. Tanamkanlah sifat ini dalam dirimu yaitu sifat menghargai orang lain, menurut Sue Atchley Ehaugh karunia terbesar yang dapat kita berikan kepada orang lain adalah memberinya perhatian penuh atas keberadaannya. Selanjutnya tanamkan sifat empati dalam diri kita, sifat empati merupakan sifat dimana kita lebih memperhatikan orang lain dari diri kita sendiri, serta mampu merasakan kesulitan yang terjadi dengan orang lain. Hal tersebut ditanamkan oleh Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan, ia betul-betul memperhatikan kesejahteraan orang lain, tidak terkecuali dengan Jenderal Amerika Serikat yaitu Colin Powell yang telah berjanji untuk mengabdi seumur hidup kepada Ronald Reagan. Penanaman sifat-sifat tersebut harus dapat kita lakukan sebelum berkomunikasi dengan orang lain.
Satu yang pasti setelah penanaman sifat-sifat tersebut adalah pahamilah lawan bicaramu, dan anda juga perlu memahami keadaan sekitar agar dapat melakukan sesuatu demi suatu perubahan keadaan menjadi lebih baik. Sesuai apa yang diutarakan Steven Covey dalam bukunya The Seven Habits Of Highly Effective People yaitu pahamilah orang lain dahulu, barulah Anda akan dipahami. Gangguan dan Rintangan adalah dua hal yang selalu ada, tapi tetaplah optimis untuk menjalani suatu proses. Ingat ! langkah awal yaitu pahami ...... kemudian komunikasikan ! agar keinginan dan pengaruh jatuh tepat sasaran.

0 komentar:

Posting Komentar