Kamis, 14 April 2011

Ide Yang Kreatif Untuk Iklan Yang Menarik

Posted by blueQuw On 18.08 No comments

Workshop periklanan yang diadakan pada hari sabtu (24/5) bertempat di ruangan B2 Pasca Sarjana FISIP dibuka oleh Pembantu Dekan III yakni bapak Abd. Gaffar. Beliau sangat senang melihat antusias mahasiswa ilmu komunikasi dalam menggali ilmu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOSMIK).
Workshop Periklanan ini mengangkat tema “It’s started from idea”. Tema tersebut mencoba menggambarkan proses kerja ketika seseorang ingin membuat iklan, tahap awal yang harus dimiliki adalah sebuah ide. Ide yang kreatif sangat berkaitan dengan iklan yang dapat menarik perhatian masyarakat banyak. Hal tersebut diungkapkan oleh Martinus selaku coordinator Kelompok Pengembangan Periklanan (KPP) KOSMIK.
Materi pertama mengenai riset periklanan dibahas oleh Nosakros Arya yang merupakan sarjana ilmu komunikasi universitas hasanuddin. Dalam riset periklanan hal yang paling ditekankan oleh arya adalah segmentasi.”segmentasi merupakan bagian dari riset periklanan dan hal yang pertama yang harus kita lakukan ketika ingin menhasilkan sebuah produk, kita harus mengetahui produk kita ditujukan kepada siapa saja?” ungkap arya.
Tepat pukul 13:30 materi kemudian berlanjut pada tahap kedua, mengenai komunikasi kreatif yang dibahas oleh Muh.Akbar yang merupakan dosen ilmu komunikasi. Bapak akbar yang akrab dipanggil bang ompe’ memberikan ide-ide “gila” untuk menjadi seseorang yang kreatif. Tidak hanya itu, beliau juga memberikan tips untuk menciptakan sebuah nama bagi sebuah produk agar memiliki makna dan tidak terlupakan oleh zaman.
Keesokan harinya workshop periklanan menghadirkan Public Relations(PR) dari Hotel Sahid Makassar yakni Jhody Junaedi, Rahmat Akbar yang merupakan penyiar radio Madama Makassar serta Nunu Ihsan yang merupakan creative advertising Majalah Opium. Nunu ihsan memberikan gambaran-gambaran iklan yang kreatif melalui video beserta gambar iklan di berbagai Negara.
Manfaat yang sangat besar mampu dirasakan oleh peserta workshop periklanan.” Pelatihan ini mengajarkan kita untuk menjadi mahasiswa yang kreatif dan imajinatif ” ungkap alvidha yang berharap agar KPP terus mengadakan kegiatan-kegiatan seperti ini. Hal senada diungkapkan oleh ari mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2009 “ pelatihan ini membuka cakrawala berpikir saya mengenai dunia periklanan, waktu dua hari serasa tidak cukup untuk membahas dunia periklanan yang kompleks.”

0 komentar:

Posting Komentar