Rabu, 15 Juni 2011

Membaca, untuk dapat menulis

Posted by blueQuw On 20.36 No comments

Mengisi waktu luang sebelum terjun ke lokasi KKN sebenarnya tujuan awal saya datang di acara komunitas : Menulis membuka jalan yang merupakan rangkaian acara Makassar International Writers Festival 2011, Rabu (15/6). Acaranya bertempat di Museum Kota (Jln. balai Kota) yang tak jauh dari Taman Macan. Datang agak terlambat namun oleh panitia, saya di persilahkan duduk di kursi depan.

Setelah lama duduk tepat di depan pembicara, membuat saya nyaman dan terkagum-kagum mendengar 'pengalaman emas' para penulis sekelas Riana Mustamin, Krishna Pabichara dan Fauzan Mukrim. Senada dengan temanya " Menulis membuka Jalan ", ketiga penulis kemudian menceritakan pengalaman hidupnya terkait dengan menulis, menulis yang kemudian membuka jalan kesuksesan dalam hidup mereka.

Ada satu pertanyaan yang mampu mewakili kegelisahan orang-orang yang mau menulis tapi malas dan bingung untuk merangkai kata-kata, " bagaimana cara untuk memulai menulis ? ". Ketiga penulis sekaligus pembicara Talkshow sepakat menjawab RAJIN MEMBACA. Orang yang mampu menulis ya.. adalah orang yang rajin membaca, membaca untuk mengetahui bagaimana gaya penulis orang lain.

Menulis merupakan panggilan jiwa, jangan takut salah untuk memulai sesuatu. Tidak ada teori tentang penulisan, kalau bukan sekarang kapan lagi kita memulai ? ini menjadi deretan pesan yang tersampaikan untuk orang-orang yang hadir di salah satu ruangan Museum Kota Makassar.

0 komentar:

Posting Komentar