Kamis, 16 Juni 2011

John Mc Glynn For Indonesia

Posted by blueQuw On 12.37 No comments

Saya harus datang ! ya..boleh di bilang ini panggilan jiwa, semangat untuk hadir di Graha Pena lat.4 tepat pukul 10:00 pagi. Masih rangkaian acara Makassar International Writers Festival 2011 (akhirnya nama event ini saya hapal mati.hehe), kali ini sesi Launching Modern Library bersama John Mc Glynn. Sayang.., yang hadir tidak terlalu banyak, malah panitia acara yang duduk di barisan peserta dan ikut meramaikan suasana. Senyum dan Kefasihan berbahasa Indonesia dari Mr.John dalam mengucapkan salam menjadi penyapa diskusi pagi tadi.

Acara Lauching Modern Library dikemas dalam bentuk Talkshow ringan dengan menghadirkan John Mc Glynn, Lily Farid (penggagas MIWF 2011) dan Aan Mansyur sebagai moderator. Acara yang diadakan di Studio Radio Fajar ini melibatkan peserta yang hadir di Studio dan juga orang-orang dirumah yang monitoring di 89,9 FM Radio Fajar (mudah2an tidak salah.Amien)

Kenapa saya begitu semangat ? akhirnya terjawab juga. Saya berkesempatan untuk bertemu dengan 'orang hebat' John Mc Glynn yang berkebangsaan Amerika Serikat. Dia 'hebat' bukan karena dia berasal dari Amerika Serikat, melainkan karena visi yang Dia usung bersama Yayasan Lontar. Yayasan Lontar adalah penerbit yang menterjemahkan karya-karya sastra Indonesia ke dalam Bahasa Inggris, John Mc Glynn menjadi sosok yang berperan dalam mempromosikan karya-karya sastra Indonesia (terjemahan) ke luar negeri. Perannya sudah ada 24 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 28 Oktober 1987 (saya saja belum lahir ..) tercatat sekitar 100 buku sastra Indonesia telah di terjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Ada visi mulia yang Dia usung yakni ingin mempromosikan Indonesia ke luar negeri sebagai negara yang produktif dalam menghasilkan karya-karya sastra yang berkualitas, bukan sebagai negara teroris ataupun bukan sebagai negara yang jumlah koruptornya sangat tinggi.

Yah ! itu alasan saya menyebutnya sebagai 'orang heba't. Dia bukan orang Indonesia, tapi Dia memiliki dedikasi tinggi untuk negara kita Tercinta.
Indonesia !

0 komentar:

Posting Komentar